Senin, 12 Mei 2014

Tepat Memilih Bahan Pakaian


                  

Tepat dalam memilih bahan pakaian yang akan Anda kenakan tentu menjadi hal penting terutama dalam hal kenyamanan. Tapi terkadang kebanyakan dari Anda masih salah kaprah dalam memilih bahan pakaian ini, padahal jika kita bisa tepat dalam memilih bahan pakaian tentu akan menyenangkan sehingga pakaian tersebut dapat diserasikan sesuai dengan kesempatan serta lokasi yang akan Anda kunjungi.
Berikut, adalah tipsnya,
  1. Untuk pakaian seperti house coat, dressing gown, atau nightwear (pakaian malam) pilihan bahan dari serat buatan adalah paling tepat atau sebaiknya campuran dari serat kapas, karena ini akan memberikan rasa sejuk kepada si pemakai, apalagi si pemakai tinggal di daerah yang beriklim panas. Akan terasa sekali kesejukannya dan menyenangkan.
  2. Jika Anda senang dengan pakaian kemeja dan blus, sebaiknya pilih bahan yang berasal dari kapas, sutera atau bahan dari serat buatan yang sama tipisnya. Karena bahan tersebut bukan bahan yang kaku dan tebal.
  3. Untuk pakaian yang berupa rok dan stelan, bahan wol yang ditenunkan (tidak dikempa), wol yang dicampur dengan tryline, bahan-bahan sedikit agak tebal, kapas tweed yang ringan, merupakan pilihan bahan- bahan yang tepat. Bahkan kadang-kadang lebih baik untuk pakaian yang berbentuk tailored. Bahan-bahan ini semua jatuh di tubuh si pemakai, lebih serasi dan menyenangkan.
  4. Bila pakaian itu berupa celana, bisa mengambil bahannya dari serat yang sama seperti rok dan stelan, akan tetapi yang lebih tebal, agar jatuhnya celana pada tubuh lebih baik.
  5. Khusus untuk pakaian berupa gaun terusan bisa memilih bahan dengan serat yang sama seperti rok dan stelan, tetapi sifatnya lebih lembut dan ringan seperti, tissu, crepe, wol, dan bahan lain yang ringan.
  6. Shirtdress (kemeja yang panjang dari leher sampai tulang paha yang dipakai di bawah mantel atau wais coat), bisa mengambil bahan-bahan yang lebih tipis dan baik. Di samping itu permukaan dari bahan harus rata seperti crepe, wol yang baik atau bahan kapas, bahan-bahan ini memiliki permukaan yang rata, sehingga cocok untuk pakaian berupa kemeja panjang.
  7. Evening dress (pakaian yang dipakai pada sore – malam hari) atau pada kesempatan-kesempatan istimewa lainnya. Pilihlah bahan tipis seperti silk, atau chiffon.
  8. Khusus untuk pakaian nasional (kebaya pendek) jatuhkanlah pilihan pada bahan yang lembut, tipis, dan jangan yang mengkilat. Untuk kesempatan siang hari ambillah bahan seperti voille, organsa, chiffon, brikade. Sedangkan untuk malam hari pilih yang bercahaya, halus, supaya lebih menarik ketika terkena cahaya pantulan dari lampu.
  9. Kebaya Panjang, pilihan bahan untuk pakaian ini hampir sama dengan kebaya pendek, yaitu bahan-bahan yang lembut dan tipis. Pada malam harinya ambillah bahan-bahan yang bercahaya seperti satin, satin brokade, lame, dan lace.
  10. Untuk jaket, Anda bisa mengambil bahan dari wol, flanel, desain, velour, corduroy, vervet, dan kulit. Bahan-bahan tersebut sangat cocok dan sesuai dengan fungsinya karena jaket perlu mengantarkan panas/kehangatan.
  11. Mantel, bahan yang cocok untuk pakaian ini adalah bahan dari wol yang ditenun dan tebal.


Tidak ada komentar:

BATIK ACEH MENUSANTARA

 Walaupun aceh tidak terkenal dengan  batiknya, namun siapa sangka bahwa batik motif aceh yang di design oleh Mihalul Abrar dengan mengkombi...