“Statistik Dan Statistik Pendidikan”
Di
S
u
s
u
n
Oleh :
Kelompok I : M. Abrar
Khaidir
Safriana
Prodi : PAI
Semester / Unit : V / 1
Dosen Pembimbing :
Bpk. Drs. Marzuki
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI ( STAIN )
ZAWIYAH COT KALA LANGSA
TAHUN AKADEMIK 2009 - 2010
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah Statistik Pendidikan ini dengan judul “Statistik Dan Statistik Pendidikan”. Shalawat dan salam kami junjungkan kepangkuan Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya.
Makalah Statistik Pendidikan ini merupakan tugas yang harus diselesaikan oleh mahasiswa STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa. Untuk menambah wawasan, pengalaman dan keahlian dalam pemahaman studi Statistik Pendidikan yang diharapkan menjadi tenaga pendidik yang professional dimasa yang akan datang.
Pada kesempatan ini kami mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang selama ini telah banyak memberikan pengarahan dan bimbingan, baik yang terlibat langsung maupun tidak langsung dalam penyelesaian makalah ini.
Dalam penyelesaian makalah ini kami menyadari bahwa masih banyak terdapat kekurangan dan kesalahan, baik dalam segi bahasa maupun susunan kalimatnya. Oleh sebab itu, kami mengharapkan kritik dan saran yang membangun dari pembaca demi kesempurnaan penyelesaian makalah dimasa yang akan datang.
Harapan kami semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi kami pribadi maupun pembaca, khususnya bagi mahasiswa STAIN Zawiyah Cot Kala Langsa ditahun berikutnya.
Langsa, 18 Oktober 2009
Ttd.
KELOMPOK I
DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR ....................................................................................... i
DAFTAR ISI ...................................................................................................... ii
BAB I. PENDAHULUAN ........................................................................ 1
A. Latar Belakang ......................................................................... 1
BAB II. PEMBAHASAN ........................................................................... 2
Statistik Dan Statistik Pendidikan ................................................. 2
A. Pengertian Statistik ..................................................................
B. Penggolongan Statistik ............................................................
C. Ciri Khas Statistik ....................................................................
D. Permasalahan Statistik .............................................................
E. Pengertian Statistik Pendidikan ...............................................
F. Fungsi Dan Kegunaan Statistik Dalam Dunia Pendidikan ......
BAB III. PENUTUP .....................................................................................
A. Kesimpulan ..............................................................................
B. Kritik Dan Saran ......................................................................
DAFTAR PUSTAKA
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Mata kuliah Statistik Pendidikan bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang rumus - rumus statistik dan terampil menggunakannya baik dalam proses pengumpulan data, penyusunan dan deskripsi maupun untuk menganalisis data kuantitatif. Oleh karena itu, aksentuasi bahasan ditujukan pada persoalan instrumen - instrumen ukur dan metode - metode analisis data yang dapat ditempuh untuk melihat hubungan ataupun perbedaan antar variabel penelitian yang diajukan. Analisis statistik ini pun diharapkan agar mahasiswa dapat melihat ketepatan penggunaan instrumen dan uji kesahihan data.
Selama ini, statistik sering diidentikkan dengan bidang yang lumayan sulit. Kesulitan dalam mempelajari statistik dikarenakan bidang ini terkait langsung dengan matematika. Bidang ilmu yang ketika mendengar namanya saja kebanyakan kita sudah pusing.
Ditengah situasi seperti itulah Ilmu Statistik dipelajari. Dan menjadi tugas kami ( kelompok I ) untuk menyelesaikan makalah yang pertama dengan pembahasan Statistik dan Statistik Pendidikan. Makalah ini berusaha untuk menjelaskan hal yang berhubungan dengan dasar - dasar statistik seperti pengertian, penggolongan, ciri khas, dan lain - lain.
Untuk dapat membuat makalah ini lebih bermanfaat, sumbang saran dari pembaca sekalian sangat kami harapkan dan kita akan sama - sama belajar. Penjelasan mengenai isi makalah akan di uraikan pada halaman berikutnya.
BAB II
PEMBAHASAN
Statistik dan Statistik Pendidikan
Secara etimologis kata "statistik" berasal dari kata status (bahasa latin) yang mempunyai persamaan arti dengan kata state (bahasa Inggris) atau kata staat (bahasa Belanda), dan yang dalam bahasa Indonesia diterjemahkan menjadi negara. Pada mulanya, kata "statistik" diartika sebagai "kumpulan bahan keterangan (data), baik yang berwujud angka (data kuantitatif) maupun yang tidak berwujud angka (data kualitatif), yang mempunyai arti penting dan kegunaan yang besar bagi suatu negara. Namun, pada perkembangan selanjutnya, arti kata statistik hanya dibatasi pada "kumpulan bahan keterangan yang berwujud angka (data kuantitatif)" saja; bahan keterangan yang tidak berwujud angka (data kualitatif) tidak lagi disebut statistik.
dalam kamus bahasa Inggris akan kita jumpai kata statistics dan kata statistic. Kedua kata itu mempunyai arti yang berbeda. Kata statistics artinya "ilmu statistik", sedang kata statistic diartika sebagai "ukuran yang diperoleh atau berasal dari sampel," yaitu sebagai lawan dari kata "parameter" yang berarti "ukuran yang diperoleh atau berasal dari populasi".
Tidak ada komentar:
Posting Komentar