SILABUS
Nama Madrasah : MTs MIM Langsa
Mata Pelajaran : Aqidah Ahklak
Kelas/ Semester : VII/ 1
Tahun Ajaran : 2010/ 2011
Standar Kompetensi : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Contoh | ||||||
1. Memberi pengertian dasar dan tujuan akidah Islam 2. Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam 3. Menjelaskan hubungan iman, Islam, dan ihsan 4. Mempraktikkan cara bersuci dari najis dan hadas | Dasar dan tujuan akidah Islam Dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam Hadas besar dan tata cara thaharahnya Praktik cara bersuci dari najis dan hadas | Menjelaskan dasar dan tujuan Akidah Islam. menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam Membahas hadas besarl dan tata cara thaharahnya Mendemonstrasikan bersuci dari najis dan hadas | Dapat mengetehui pengertian dasar dan tujuan akidah Islam Dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam Dapat menyebutkan hadas besar dan tata cara thaharahnya Dapat mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas | Tes Lisan Tes Lisan Tes Lisan Tes Pebuatan | Uraian Uraian Uraian Tugas | Berikan pengertian dasar akidah Islam Sebutkan dalil dasar akidah Islam Sebutkan macam-macam hadas besar dan cara thaharahnya Praktikkan cara bersuci dari najis | 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit 1 x 40 menit | 1. Buku Ayo Memahami Akidah dan Akhlak 1 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan PT Erlangga 2. Al-Qu’an dan Hadits |
Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara shalat lima waktu dan sujud sahwi
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Contoh | ||||||
1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu 2. Menghafal bacaan shalat lima waktu 3. Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima waktu 4. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sujud sahwi 5. Mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi | Tata cara shalat lima waktu Bacaan-bacaan shalat lima waktu Ketentuan waktu shalat lima waktu Ketentuan sujud sahwi Praktik shalat lima waktu dan sujud sahwi | Membahas tata carashalat lima waktu Menghafal bacaan shalat lima waktu Menjelaskan batas-batas waktu shalat lima waktu Menjelaskan ketentuan sujud sahwi Mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi | Dapat menjelaskan tata cara shalat lima waktu Dapat menghafal bacaan shalat lima waktu Dapat menjelaskan batas-batas waktu shalat lima waktu Dapat menyebutkan ketentuan sujud sahwi Dapat mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi | Tes Lisan Tes perbuatan | Uraian Tugas | Sebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat Hafalkan bacaan dalam shalat fardu | 3 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit | 1. Buku Fikih yang relevan 2. LKS Fikih |
Tes Lisan Tes Lisan Tes Perbuatan | Uraian Uraian Tugas | Sebutkan batas-batas shalat fardu Sebutkan sebab-sebab sujud sahwi Prkektekkan shalat beserta sujud sahwi |
Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara adzan, iqamah, dan shalat berjamaah
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Contoh | ||||||
1. Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah 2. Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah 3. Menjelaskan ketentuan makmum masbuk 4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa 5. Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal 6. Mempraktikkan adzan, iqamah, dan shalat berjamaah | Ketentuan adzan dan iqamah Ketentuan shalat berjamaah Ketentuan makmum masbuk Cara mengingatkan imam yang lupa Cara menggantikan imam yang batal Praktik adzan, iqamah dan shalat berjamaah | Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah Menjelaskan ketentuan makmum masbuk Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal Praktik adzan, iqamah dan shalat berjamaah | Dapat menyebutkan ketentuan adzan dan iqamah Dapat menyebutkan ketentuan shalat berjamaah Dapat menjelaskan etentuan makmum masbuk Dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa Dapat menjelaskan cara menggantikan imam yang batal Mampu mempraktik adzan, iqamah dan shalat berjamaah | Tes Lisan Tes Lisan Tes Lisan Tes Perbuatan Tes Perbuatan Tes Perbuatan | Uraian Uraian Uraian Tugas Tugas Tugas | Jelaskan pengertian adzan dan iqamah Terangkan pengertian shalat berjamaah Bagaimana yang dinamakan makmum masbuk Praktikkan cara mengingatkan imam yang lupa Praktikkan cara menggantikan imam yang batal Praktikkan shalat berjamaah | 1 x 40 menit 1 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit | 1. Buku Fikih yang relevan 2. LKS Fikih |
Standar Kompetensi: Melaksanakan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat
Kompetensi Dasar | Materi Pokok | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber Belajar | ||
Tehnik | Bentuk | Contoh | ||||||
1. Menjelaskan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat 2. Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah shalat 3. Mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat | Ketentuan berzikir dan berdoa setelah shalat Lafal zikir dan doa setelah shalat Contoh lafal zikir dan doa setelah shalat | Memahami ketentuan zikir dan doa setelah shalat Menghafalkan contoh lafal zikir dan doa setelah shalat Mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat | Dapat menyebutkan ketentuan zikir dan doa setelah shalat Dapat menghafalkan contoh lafal zikir dan doa setelah shalat Dapat mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat | Tes Lisan Tes Perbuatan Tes Perbuatan | Uraian Tugas Tugas | Sebutkan adab berzikir dan berdoa Hafalkan contoh lafal zikir Praktikkan zikir dan doa sesudah shalat | 2 x 40 menit 2 x 40 menit 2 x 40 menit | 1. Buku Fikih yang relevan 2. LKS Fikih |
Langsa, 6 Desember 2010
Guru Pamong Mahasiswa PPL
Ibnu sakdan, S. Ag Mihalul Abrar
NIP. 196412311999051001
MENGETAHUI
Ka. MTs MIM Langsa
Rosmawati, S. Pd
NIP. 196507021999032001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar