Selasa, 01 Maret 2011

SILABUS FIQH

SILABUS
Nama Madrasah     : MTs MIM Langsa
Mata Pelajaran       : Aqidah Ahklak
Kelas/ Semester     : VII/ 1
Tahun Ajaran         : 2010/ 2011

Standar Kompetensi : Memahami dasar dan tujuan akidah Islam

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Tehnik

Bentuk

Contoh

1.  Memberi pengertian dasar dan tujuan akidah Islam


2. Menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam


3. Menjelaskan hubungan iman, Islam, dan ihsan



4. Mempraktikkan cara bersuci dari najis dan hadas


Dasar dan tujuan akidah Islam




Dalil tentang dasar dan tujuan akidah Islam




Hadas besar dan tata cara thaharahnya





Praktik cara bersuci dari najis dan hadas

Menjelaskan dasar dan tujuan Akidah Islam.



menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam


Membahas hadas besarl dan tata cara thaharahnya




Mendemonstrasikan bersuci dari najis dan hadas

Dapat mengetehui pengertian dasar dan tujuan akidah                 Islam


Dapat menunjukkan dalil tentang dasar dan tujuan Akidah Islam


Dapat menyebutkan hadas besar dan tata cara thaharahnya




Dapat mempraktikkan bersuci dari najis dan hadas

Tes Lisan





Tes Lisan





Tes Lisan






Tes Pebuatan

Uraian





Uraian





Uraian






Tugas

Berikan pengertian dasar akidah Islam
Sebutkan dalil dasar akidah Islam
Sebutkan macam-macam hadas besar dan cara thaharahnya

Praktikkan cara bersuci dari najis


2 x 40 menit




2 x 40 menit




2 x 40 menit





1 x 40 menit





1. Buku Ayo Memahami Akidah dan Akhlak 1 untuk Kelas VII Madrasah Tsanawiyah terbitan PT Erlangga




2. Al-Qu’an dan Hadits

Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara shalat lima waktu dan sujud sahwi

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Tehnik

Bentuk

Contoh

1. Menjelaskan tata cara shalat lima waktu


2. Menghafal bacaan shalat lima waktu




3. Menjelaskan ketentuan waktu shalat lima waktu

4. Menjelaskan ketentuan-ketentuan sujud sahwi

5. Mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi

Tata cara shalat lima waktu



Bacaan-bacaan shalat lima waktu




Ketentuan waktu shalat lima waktu


Ketentuan sujud sahwi



Praktik shalat lima waktu dan sujud sahwi

Membahas tata carashalat lima waktu


Menghafal bacaan shalat lima waktu




Menjelaskan batas-batas waktu shalat lima waktu

Menjelaskan ketentuan sujud sahwi


Mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi

Dapat menjelaskan tata cara shalat lima waktu


Dapat menghafal bacaan shalat lima waktu



Dapat menjelaskan batas-batas waktu shalat lima waktu

Dapat menyebutkan ketentuan sujud sahwi


Dapat mempraktikkan shalat lima waktu dan sujud sahwi

Tes Lisan




Tes perbuatan





Uraian




Tugas






Sebutkan syarat sah dan syarat wajib shalat

Hafalkan bacaan dalam shalat fardu



3 x 40 menit



2 x 40 menit




2 x 40 menit


2 x 40 menit




2 x 40 menit

1. Buku Fikih yang relevan
2. LKS Fikih
Tes Lisan



Tes Lisan




Tes Perbuatan
Uraian



Uraian




Tugas
Sebutkan batas-batas shalat fardu

Sebutkan sebab-sebab sujud sahwi


Prkektekkan shalat beserta sujud sahwi

Standar Kompetensi : Melaksanakan tata cara adzan, iqamah, dan shalat berjamaah

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Tehnik

Bentuk

Contoh
1. Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah


2. Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah




3. Menjelaskan ketentuan
makmum masbuk



4. Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa



5. Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal



6. Mempraktikkan adzan, iqamah, dan shalat berjamaah
Ketentuan adzan dan iqamah



Ketentuan shalat berjamaah





Ketentuan makmum masbuk




Cara mengingatkan imam yang lupa




Cara menggantikan imam yang batal




Praktik adzan,
iqamah dan shalat berjamaah
Menjelaskan ketentuan adzan dan iqamah


Menjelaskan ketentuan shalat berjamaah




Menjelaskan ketentuan
makmum masbuk



Menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa



Menjelaskan cara menggantikan imam yang batal



Praktik adzan, iqamah dan shalat berjamaah
Dapat menyebutkan ketentuan adzan dan iqamah


Dapat menyebutkan ketentuan shalat berjamaah




Dapat menjelaskan etentuan makmum masbuk



Dapat menjelaskan cara mengingatkan imam yang lupa



Dapat menjelaskan cara menggantikan imam yang batal



Mampu mempraktik adzan, iqamah dan shalat berjamaah
Tes Lisan




Tes Lisan






Tes Lisan





Tes Perbuatan




Tes Perbuatan




Tes Perbuatan
Uraian




Uraian






Uraian





Tugas





Tugas





Tugas



Jelaskan pengertian adzan dan iqamah

Terangkan pengertian shalat berjamaah



Bagaimana yang dinamakan makmum masbuk

Praktikkan cara mengingatkan imam yang lupa

Praktikkan cara menggantikan imam yang batal

Praktikkan  shalat berjamaah
1 x 40 menit



1 x 40 menit





2 x 40 menit




2 x 40 menit




2 x 40 menit




2 x 40 menit


1. Buku Fikih yang relevan

2. LKS Fikih

Standar Kompetensi: Melaksanakan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat

Kompetensi Dasar

Materi Pokok

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu

Sumber Belajar

Tehnik

Bentuk

Contoh
1. Menjelaskan tata cara berzikir dan berdoa setelah shalat
2. Menghafalkan bacaan zikir dan doa setelah shalat

3. Mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat
Ketentuan berzikir dan berdoa setelah shalat

Lafal zikir dan doa setelah shalat

Contoh lafal zikir dan doa setelah shalat
Memahami ketentuan zikir dan doa setelah shalat

Menghafalkan contoh lafal zikir dan doa setelah shalat
Mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat
Dapat menyebutkan ketentuan zikir dan doa setelah shalat

Dapat menghafalkan contoh lafal zikir dan doa setelah shalat
Dapat mempraktikkan zikir dan doa setelah shalat
Tes Lisan


Tes Perbuatan

Tes Perbuatan
Uraian


Tugas


Tugas
Sebutkan adab berzikir dan berdoa

Hafalkan contoh lafal zikir
Praktikkan zikir dan doa sesudah shalat
2 x 40 menit


2 x 40 menit


2 x 40 menit

1. Buku Fikih yang relevan
2. LKS Fikih

                                                                                                                                                                     Langsa, 6 Desember 2010                                                                              
   Guru Pamong                                                                                                                                           Mahasiswa PPL


  Ibnu sakdan, S. Ag                                                                                                                                    Mihalul Abrar                                                 
  NIP. 196412311999051001                                                                                                        
                              
MENGETAHUI
Ka. MTs MIM Langsa


Rosmawati, S. Pd
NIP. 196507021999032001

Tidak ada komentar:

BATIK ACEH MENUSANTARA

 Walaupun aceh tidak terkenal dengan  batiknya, namun siapa sangka bahwa batik motif aceh yang di design oleh Mihalul Abrar dengan mengkombi...