Sabtu, 14 Maret 2015

Tips menawar harga barang agar mendapatkan harga murah




Sebelum memiliki toko sendiri, sebelumnya saya adalah orang biasa dengan status mahasiswa, penyiar, MC, dan aktif di beberapa organisasi sebagai pembicara. karna serim tampil di depan public, saya dituntut untuk tampil maksimal, baik dari penyampaian lewat lisan, body langue, maupun penampilan. hal itulah yang membuat saya sering belanja, dan memburu barang baru. baik sepatu, jins, codorai, kemeja, kaos, jacket, topi, acesoris dan lain-lain sebagainya.

Karena terbiasa belanja, saya dikenal oleh para pedgang sebagai pelanggan yang extra tawar murah, dan bahkan hampir setiap toko saya pernah datang dan menjadi pelanggan tetapnya. Teman - teman wanita saya juga sering mengajak saya menemaninya belanja karena keahlian saya dalam menawar barang hingga mendapatkan harga yang sangat murah.


Tapi saat saya sudah memiliki usaha toko pakaian, saya menyadari bahwa mengahadapi pelanggan yang suka minta kurang sangat tidak menyenangkan. tapi apa boleh buat, yang namanya pelanggan, adalah tamu istimewa yang akan membawa berkah rezeki pada kita. makanya harus dilayani extra.


Sebenarnya saya tidak mau membagi ilmu cara menawar murah kepada orang lain, karena takutnya, setelah membaca ini, pembaca akan langsung datang ke toko saya, dan mempraktekkan tips menawar harga. tapi, karena teman saya mendesak agar bagi-bagi ilmu "cara menawar murah", makanya saya membuat tulisan ini, agar adil. smua bisa mempelajari ilmunya.


Nah, simak baik-baik tips nya ya,...


Sebelum kamu hendak belanja barang yang kamu perlukan, kamu pastikan dulu barang apa yang kamu butuhkan, baik dari segi model, kisaran harga, dan sesuai dengan kepentingan kamu, baru menjalankan tips di bawah ini.


1. Datang lah pagi-pagi untuk belanja. Setiap pedagang akan memberi harga special pada pelanggan pertama (saat buka toko) sebagai penglaris. karena ada hal-hal yang dipercaya oleh pedagang mengenai pelanggan. apabila pedagang tidak "melepas" barang dengan harga yang diminta oleh pembeli pertama, maka rezeki hari itu juga akan tersendat. tapi, pembeli juga jangan minta harga yang keterlaluan.


2. Setertarik apapun kamu pada sebuah barang, jangan pernah memuji barang tersebut. tetap tampilkan mimik yang biasa walaupun kamu sangat bahagia melihat barang yang kamu incar ada didepan mata. karena dengan kamu memuji barang yang hendak kamu beli, akan membuat pedagang akan mempertahankan harga barang tersebut, karena yakin anda akan membeli barang tersebut.


3.Lihatlah kekurangan barang tersebut, dan berilah komentar akamu mengenai kekurangan tersebut, seperti " jahitannya kurang bagus, kancingnya kurang cocok, atau hal lainnya yang membuat barang tersebut memiliki kekurangan. dengan hal itu, maka pedagang akan memikirkan keadaan barang miliknya tersebut, yang kemungkinan besar akan memberikan harga murah pada anda.


4. Raba barang tersebut dan pahami jenis bahan barangnya. apabila kasar dan panas, kemungkinan murahan, tapi kalau lembut dan dingin, itu pasti barang bagus.


5. Sampaikan pada pedagang bahwa anda hendak membeli beberapa jenis barang, agar ada pengurangan harga,karena pedagang akan memberi diskon jika membeli dalam jumlah banyak.  walaupun ujung-ujungnya, anda belinya cuma satu potong.


6. lihatlah kode angka yang ada di label atau merek barang tersebut. biasanya, pedagang toko akan membuat kode huruf. A=1, B=2, .  . . . . . . .H=8, J=9 . jadi, kalau modal barang tersebut 35.000, maka kodenya CE. nah, karna anda sudah tau harga, saat di tawar awal harganya 60.000, maka, anda bisa minta kurang hngga 45.000. jangan keterlaluan juga, dengan meminta harga lebih murah dari itu, karena keuntungan pedagang juga tipis. ( ngerasa sendiri)


7. Jika pedagang juga tidak memberi harga murah, tunggulah lama-lama dengan wajah sedikit memelas untuk mengetuk hai pedagang, biasanya menurut pengalaman, akan diberikan,... (hahahahahaha, pengalaman pribadi soalnya)


7. Yang terakhir adalah setelah membeli, senyumlah sebagai tanda bahagia, dan berterimakasih banyak pada pedagang tersebut, karena dengan kesan baik, saat kamu meninggalkan toko tersebut, maka kedepan anda akan dinenal, dan harga akan murah. karena kamu meninggalkan kesan baik.


Nah, itu aja seh, tips nya,.. semoga bermanfaat. apabila ada yang lain, silahkan ditambah,...



TTD, owner Toko CB Fashion, Jalan Ahmad Y



ani, No.204a. Kota Langsa, 27F7D345

Tidak ada komentar:

BATIK ACEH MENUSANTARA

 Walaupun aceh tidak terkenal dengan  batiknya, namun siapa sangka bahwa batik motif aceh yang di design oleh Mihalul Abrar dengan mengkombi...