Sabtu, 09 Agustus 2014

Cerita inspirasi

Dalam sebuah arisan ibu-ibu yang di adakan sekali dalam sebulan. Sudah menjadi tradisi di desa-desa acara arisan dijadikan tempat bersilaturrahmi antar warga, khususnya ibu-ibu, terdengarlah percakapan antara beberapa ibu-ibu.” enak loh kue nya,…”ucap ibu rita, istri kongkomerat dengan pakaian mewah dan make up salon
”iya enak kali, risolnya juga sangat lezat” balas bu Maryam, istri pejabat desa mengomentari kue yang dihidangkan pemilik rumah arisan.
Bu rita” bu enon puasa?? Kok gak makan kue nya?? Tanya bu rita sambil mengernyitkan dari kearah ibu separuh baya dengan pakaian yang sudah out model  yang kebetulan duduk disebelahnya.
” gak puasa kok, iya nanti dimakan, trimakasih”jawab bu enon sopan dan  malu.
Setelah acara makan selesai maka seluruh ibu-ibu pun hendak pamitan kepada pemilik rumah. Sebelum pamitan, bu rita hendak mengambil kue yang tersisa 2 potong lagi saat jamuan tadi. Namun saat di lirik, kue itu sudah tidak ada lagi. Dan ibu rita pun berbisik pada bu Maryam.
“heh, ternyata kue sisa tadi, sudah di makan si enon. Belagak jaim, tapi habis juga. Bisik bu rita.
“owh ya?? Mana juga bisa tahan sama godaan kue itu”balas bu Maryam.

Setibanya di rumah, bu rita langsung memanggil anak semata wayangnya
“Riska. . . ., sini nak,.. mama bw pulang kue enak,.. banyak lagi,… biar kenyang kamu,..”
“kue apa mak?? “
“banyak, ada tahu donat, bolu kukus, bakwan dan tahu isi”
“ma, Kue nya kan, banyak,… kasih ke ima,ida,dan ara, anak bu enon boleh??”jawab riska
“ngapain seh, ngasih-ngasih ke orang,…., jawab bu rita sinis menanggapi anaknya yang menginginkan kue di bagi ketetangga miskin sebelah rumah.
“ iya ma, soalnya, bu enon saat pulang dari manapun, sering bawa kue. Tapi gak banyak. Seperti tadi, kue risol di bawa pulang, trus di potong, dan di bagikan sama ida, ima, dan ara. Nah aku juga dapat 1 bagian ma,………. Kue nya enakkkkkkkk bangett,…”
mendengar hal itu, bu rita langsung merasa bersalah….. bersalah menilai orang lain, salah menilai tetangga, dan salah menilai sebuah status seseorang.



Tidak ada komentar:

BATIK ACEH MENUSANTARA

 Walaupun aceh tidak terkenal dengan  batiknya, namun siapa sangka bahwa batik motif aceh yang di design oleh Mihalul Abrar dengan mengkombi...