Rabu, 14 Mei 2014

Pesona Lokop, Aceh Timur




Terujak adalah Salah satu Desa yang terletak di Kecamatan Serba Jadi Lokop merupakan Desa terpencil  yang tidak jauh dari ibu kota Kecamatan di pedalaman kabupaten Aceh Timur yang menyimpan Objek wisata yang terpendam yaitu sumber air Panas di tengah hutan perawan yang belum dilestarikan untuk dijadikan objek wisata, Air terjun perawan yang masih belum terjamah, dan sungai kerikil yang jernih.
Untuk menempuh perjalanan ke Desa Terujak anda harus menempuh jarak sekitar 80 Km dari jalan Negara Medan-Banda Aceh yaitu tepat nya  melalui Simpang Kampung Busa Kecamatan Perlak Barat,untuk sampai ke desa terujak  kita membutuhkan waktu sekitar 2 jam hingga 1,5 jam dari jalan Negara Medan –Banda Aceh,jalan-jalan yang di lalui juga merupakan arena wisata sepanjang kita menuju ke desa terujak seperti  sungai-sungai  yang indah yang dapat menggugah hati kita untuk bersahabat dengan alam,dalam perjalanan anda dapat melihat keaslian hutan yang masih terpelihara dengan baik, namun keadaan jalan yang sangat tidak baik memberi kesan dan tantangan tersendiri bagi pengguna jalan.


 Sepanjang perjalanan kita mendapati  masyarakat  nya yang ramah setiap tamu yang datang menuju ke desa terujak,selain lokop juga menyimpan  objek wisata,lokop juga di kenal dengan penghasil cacou dan durian terbesar di aceh timur dan juga pusat pengembangan Hortikultura.

Sepanjang perjalanan anda akan menikmati keindahan alam  yang masih sangat alami dengan Bukit-bukit yang tinggi   di bawah nya dialiri oleh sungai-sungai  air nya sangat membiru,setelah anda menikmati keindahan itu barulah anda sampai  ke lokop kecamatan serbajadi,nah di sinilah anda akan bertemu dengan  desa terujak yang menyimpan sumber air panas, diantara pebukitan yang masih sangat asri dengan hamparan hutan yang hijau yang  masih perawan,dengan lokasi yang sangat sederhana anda bisa singgah sejenak di atas Balai tua ditengah lokasi sumber air panas untuk melepaskan  lelah,saat itu anda akan merasakan hawa panas dengan tiupan angin pegunungan  yang sejuk seakan-akan anda berada di dua iklim yang berbeda,disitulah anda akan menginspirasi diri betapa indah nya alam  ini anugerah ciptaan tuhan yang maha kuasa,disekeliling lokasi anda juga akan  melihat bangunan tua 2,5x2,5 M lebar nya sebagai tempat ibadah dengan kondisi sangat memprihatinkan yang di bangun oleh masyarakat kepada pengunjung taman wisata sumber air panas.




Disekeliling areal sumber air panas juga anda dapati Drainase yang baru di bangun sekitar tahun  2009 agar air panas  yang keluar dan mengalir dapat juga digunakan juga oleh masyarakat sekitar lokasi itu,anda juga bisa bersantai di atas drainase sambil menikmati uap panas untuk menghangatkan badan,terkesan anda seperti mandi sauna,setelah itu anda juga bisa menik mati langsung mandi dengan air panas yang sudah hangat-hangat kuku di kolam yang lebar nya  sekitar 7x15 M yang sudah tidak terurus lagi dan sangat memprihatinkan.

Kondisi ini bila di biarkan  akan memusnahkan minat pengunjung dalam menikmati objek taman wisata air panas diserbajadi lokop desa terujak, ini sangat penting untuk di promosikan  karena sumber air panas juga telah di kaji secara ilmiah terdapat Zat Belerang dan juga Zat Kapur dan beberapa Zat lain nya yang sangat baik untuk menyembuhan penyakit tulang dan penyakit kulit sebagai terapi kesehatan secara alami.

Sumber air panas lokop terbuka setiap hari untuk umum,selain menikmati sumber air panas anda juga dapat bersantai menikmati wisata pantai sungai lokop yang cukup luas dengan hamparan bebatuan disepanjang sungai lokop yang air nya mengalir jernih dan sangat dingin, disekeliling nya terdapat  pemandangan pegunungan yang tinggi dan berkabut,anda bisa mengabadikan nya sebagai kenang-kenangan bahwa anda pernah bersahabat dengan alam.

 Selain itu anda juga bisa mengunjungi air terjun perawan yang terletak di tengah gunung yang terbentang di daerah ini. penuh usaha keras untuk mencapai objek wisata yang mash alami. harus mendaki 3 gunung dan menuruni 2 lembah, untuk mencapai tempat tersebut. sangat disarankan untuk membawa air minum, makanan, dan juga tongkat apabila anda hendak mendaki, karena anda pasti kelelahan di perempatan perjalanan, saat itulah makanan , minuman serta tongkat di butuhkan untuk menopang tubuh anda yang terasa sangat kelelahan.

Banyak sekali rintangan yang ditemui saat mendaki gunung, mulai dari keram di bagian betis dan punggung karena kelelahan, terpeleset di tanah yang licin, gigitan serangga merah, serta nyali yang besar untuk menyeberangi jalan setapak yang telah longsor, namun anda masih bisa beristirahat dengan bercanda bersama teman.


Sesampainya di tempat, saya yakin anda akan sangat puas dengan hal yang ada di depan mata. perjalanan yang jauh terbayar oleh keindahan alam air terjun perawan yang masih sangat alami. 1 hal yang harus diperhatikan saat anda pertama kali sampai di tempat tersebut, janganlah membuang sampah sembarangan, mengotori lokasi, dan membuat hal yg tidak terpuji ditempat ini.

                                



Pesona yang tak kalah menarik adalah sungai panjang yang terbentang di alam bumi lokop ini dengan air yang jernih dan kerikil yang berkilat memantulkan sinar matahari. siapapun yang datang ke lokop tak sabar ingin mandi dan berfoto ria di sungai ini, karena sungai ini menjadi lebih indah dengan jembatan penyeberangan yang sangat menakjubkan.

Sebagai oleh-oleh yang bisa dibawa di lokop kecamatan serta jadi,anda bisa berbelanja Durian,Gula Nira juga Petai sebagai produksi yang terkenal di daerah tersebut. Keindahan alam ini yang dapat di jadikan Objek wisata sayang bila tidak di manfaatkan  dan tidak di jaga dengan baik akan rusak,kita harapkan kepada Pemerintah  Daerah agar objek wisata alam yang ada di lokop  ini  dapat di promosikan ke mata dunia dan juga dia berharap kepada Duta Wisata aceh dan Duta Wista Indonesia agar pemandian taman wisata sumber air panas yang ada di kecamatan serbajadi lokop desa terujak kabupaten aceh timur  ini dapat menjadi objek wisata dan mendongkrak perekonomian masyarakat sekitar.

4 komentar:

Unknown mengatakan...

keren gan,..kunjungi juga web ane di http://www.catatanrimbun.com

Mihalul Abrar mengatakan...

iya mad,... makanya, jalan-jalan lah ke LOKOP,...

Mihalul Abrar mengatakan...

iya mad,... makanya, jalan-jalan lah ke LOKOP,...

Mihalul Abrar mengatakan...

baikh,...

BATIK ACEH MENUSANTARA

 Walaupun aceh tidak terkenal dengan  batiknya, namun siapa sangka bahwa batik motif aceh yang di design oleh Mihalul Abrar dengan mengkombi...